Laman

Jumat, 13 Februari 2015

Resep makanan anjing

Sebagaimana binatang karnivora lainnya, anjing peliharaan juga memiliki karakter yang sama dengan yang lainnya. Binarang karnivora merupakan binatang yang mengkonsumsi makanan hampir secara keseluruhan adalah berupa daging atau makanan yang mengandung protein hewani, seperti daging ayam, daging sapi, udang, ceker ayam, kepala ayam dll.
menu makanan anjing, resep makanan anjing, resep makanan anjing sehat, menu makanan anjing peliharaan, makanan anjing, anjing peliharaan, anjing lucu, makanan sehat untuk anjing, makanan alternatif untuk anjing, menu alternatif buat anjing

Sekarang ini sudah banyak dan mudah kita temukan makanan anjing yang diproduksi secara masal dari pabrik dan disajikan secara instan. Makanan instan seperti ini sebenarnya merupakan makanan yang praktis untuk disajikan kepada anjing peliharaan kita, tetapi selain harganya yang mahal, makanan instan seperti ini kualitasnya kurang bagus bagi pertumbuhan anjing kesayangan kita.
Berikut ini beberapa menu makanan alamiah yang dapat kita jadikan acuan untuk diberikan pada anjing kesayangan kita.
  1. Resep makanan daging ayam, ceker ayam, sayuran, dan karbohidrat. Komposisi yang dianjurkan, protein 70 %, Sayuran 10 %, dan karbohidrat 20 %. Komposisi ini merupakan komposisi yang sebenarnya sudah tepat perbandingannya dari penggunaan sayur dan karbohodratnya. Komposisi protein tetap merupakan komposisi terbesar, karena sebenarnya secara alamiahnya binatang anjing merupakan binatang yang hampir 90 % kesehariannya mengkonsumsi daging, tulang serta jeroan binatang. Dan dalam menu resep makanan ini, untuk posisi protein atau daging konsumsinya sebaiknya dalam keadaan mentah dan telah dicuci dengan bersih agar terhindar dari kuman penyakit.
  2. Resep makanan Daging sapi, jeroan dan beberapa tulang rawan, sayuran serta karbohidrat. Komposisi 70 %, 15 %, 15 %.  Ada sedikit perbedaan komposisi antara sayuran dan karbohodrat dalam menu ini, karena menu ini sebenarnya cocok buat anjing peliharaan yang memiliki aktifitas yang lebih banyak. Sama halnya dengan menu yang sebelumnya, daging, jeroan dan tulang rawan yang berfungsi sebagai sumber protein sebaiknya diberikan dalam bentuk mentah yang telah dibersihkan
Dari dua metode tersebut diatas, komposisi untuk menu makanan yang sebagai sumber protein tetap diberikan dalam jumlah yang dominan atau dengan jumlah yang lebih banyak. Adapun tujuannya adalah sbb :
  • Daging mentah, tulang rawan serta jeroan merupakan asupan protein yang baik. Makanan ini disajikan dalam bentuk mentah agar anjing peliharaan kita lebih sehat untuk pencernaannya, lebih alamiah pertumbuhan giginya serta cukup mendapatkan asupan protein dan kalsium yang ada dalam daging mentah serta tulang dan jeroan.
  • Dalam dunia binatang karnivora, daging mentah merupakan makanan keseharian. Dengan mengkonsumsi daging mentah, anjing kesayangan kita akan memiliki tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk dan gesit dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
Demikian resep makanan untuk anjing peliharaan kita yang sebaiknya kita berikan. Menu makanan yang penulis sampaikan diatas merupakan alternatif yang bisa dilakukan selain memberikan makanan instan. Dan dalam memberikan makan yang terpenting adalah memberikan makanan yang memiliki kadar protein dan kalsium atau memiliki asupan gizi dari unsur hewani dengan jumlah yang dominan, karena protein merupakan komposisi terbesar untuk semua jenis binatang karnivora.

1 komentar:

  1. I love this blog and give information to the reader. If interested, please visit my blog with the same topic here cute dogs

    BalasHapus